Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Teknik ADIKSIMBA dalam
View/
Date
2015Author
Novailah Rina Susanti
Suhartiningsih
Hari Satrijono
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengetahuan  metakognisi  siswa  berkemampuan  pemecahan  masalah
matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok bahasan
perbandingan kelas VII SMPN 4 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Metode
yang digunakan adalah metode tes, metode  think aloud, dan metode wawancara. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa
kelas  VII-F  SMP  Negeri  4  Jember  yaitu  siswa  berkemampuan  pemecahan  masalah  matematika  tinggi,  siswa
berkemampuan  pemecahan  masalah  matematika  sedang,  dan  siswa  berkemampuan  pemecahan  masalah  matematika
rendah. Pada penelitian ini, data akan dianalisis setelah subjek mengerjakan tes pemecahan masalah metakognisi sebanyak
dua  soal  yang  diikuti dengan hasil  think  aloud  serta  hasil dari  wawancara .  Hasil penelitian yang  dilakukan peneliti
terhadap  pengetahuan  metakognisi  siswa  menunjukkan  bahwa  siswa  berkemampuan  pemecahan  masalah  matematika
tinggi  memiliki  pengetahuan deklaratif,  prosedural dan  kondisional  yang  lengkap  pada langkah  memahami  masalah,
membuat  rencana,  dan  melaksanakan  rencana  dalam  menyelesaikan  kedua  permasalahan.  Siswa  berkemampuan
pemecahan masalah matematika sedang dalam menyelesaikan permasalahan pertama memiliki pengetahuan deklaratif dan
kondisional yang lengkap pada langkah pemcahan masalah berbasis Polya dan hanya memiliki pengetahuan prosedural
yang lengkap pada langkah membuat rencana , sedangkan pada permasalahan kedua, ia hanya memiliki pengetahuan
deklaratif yang lengkap pada langkah menelaah kembali. Siswa berkemampuan pemecahan masalah matematika rendah
hanya memiliki pengetahuan kondisional yang lengkap pada permasalahan pertama dan langkah menelaah kembali pada
permasalahan kedua
Collections
- SRA-Education [1352]
