Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, sehingga beberapa siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA. Hal ini ditandai dengan perilaku siswa yang cenderung melakukann kegiatan yang tidak diperlukan dalam pembelajaran, seperti mencorat coret kertas dan berbicara serta bermain dengan teman sebangkunya. Pada saat itu perhatian siswa tidak terfokus penjelasan materi oleh guru sehingga siswa tidak dapat memahami materi dengan baikdan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiann ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa perolehan skor motivasi dari data angket pada siklus I sebesar 67,92 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 78,8 (tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 72,52 (baik) meningkat menjadi 85,24 (sangat baik) di siklus II
Collections
- SRA-Education [1352]