dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanbaru Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS dengan tema lingkungan pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan di SDN Tamanbaru Banyuwangi melalui penerapan media pembelajaran buku komik. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah pengembangan media yang dilakukan oleh guru masih belum optimal, sehingga kecenderungan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran juga masih rendah. Penyampaian materi pembelajaran yang kurang menarik tersebut memberikan pengaruh pada tingkat motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dengan menerapkan media pembelajaran buku komik ini dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran buku komik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Tamanbaru Banyuwangi. Peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 24,46%, dengan kriteria meningkat dari rendah menjadi tinggi. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20,07% dan telah memenuhi target kriteria sangat tinggi. Selain itu, penerapan media pembelajaran buku komik juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 22,43% dari kriteria kurang menjadi memuaskan. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10,25%, dan telah mencapai target kriteria sangat memuaskan. | en_US |