Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Kauman Alhasani Allathifi Bondowoso Tahun 2013
Abstract
Tujuan umum secara umun peneliti adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skil di pondok pesantren Kauman Alhasani Allathifi Bondowoso. Tujuan secara khusus secara khusus, tujuan peneliti adalah 1) Mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill santri di pondok pesantren Kauman Alhasani Alathifi Bondowoso. 2)Mengetahui pelaksanaan usaha Kyai dalam melaksanakan pendidikan di pondok pesantren Kauman Alhasani Allathifi Bondowoso. Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, tapi dinamakan social situation atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu tempat (place), pelaku (actor, dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara strategis. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode, wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaaan pendidikan life skill di pondok pesantren Kauman ini belum sepenuhnya berjalan dengan baik, masih banyak sekali yang perlu diperbaiki. Hal ini dapat terlihat dalam proses perencanaannya yang kurang matang karena aspek pencatatan belum dilakukan, akan tetapi proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan evaluasi pembelajaran kurang efektif karena untuk saat ini baru dalam proses perumusan.
Collections
- SRA-Education [1352]