Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Mencatat Menggunakan Teknik Mind Mapping dengan Teknik Catatan Tulis Susun pada Materi Limas dan Prisma Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari BanyuwangiSemester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mencatat menggunakan teknik mind mapping dengan teknik catatan tulis susun pada materi limas dan prisma kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2013/2014; 2) untuk mengetahui hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang mencatat menggunakan teknik mind mapping dengan teknik catatan tulis susun pada materi limas dan prisma kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi dengan total 172 orangdan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB sebanyak 67 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mencatat menggunakan teknik mind mapping dengan teknik catatan tulis susun pada materi limas dan prisma kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2013/2014; 2) hasil belajar siswa yang mencatat menggunakan teknik mind mapping lebih baik dibanding dengan siswa yang mencatat menggunakan teknik catatan tulis susun pada materi limas dan prisma kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2013/2014.
Collections
- SRA-Education [1352]