Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar untuk Meningkatkan
View/ Open
Date
2014Author
MUJIBATUR, Rohmah
MUCHTAR, Imam
FITRIYAH, Chumi Zahroul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode role playing
dengan media gambar pada siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ampel 04 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri
dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara, studi dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode role
playing dengan media gambar.Skor aktivitas belajar siswa pada prasiklus yaitu 40,18 (cukup aktif). Kemudian mengalami
peningkatan pada siklus I menjadi 65,92 (aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,80 (sangat aktif). Sementara itu,
hasil belajar siswa pada prasiklus yaitu 67,29 (cukup baik). Kemudian pada siklus I menjadi 73,58 (baik) dan pada siklus
II menjadi 80,04 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing
dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember
tahun ajaran 2013/2014
Collections
- SRA-Education [1352]