• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

    Thumbnail
    View/Open
    MIRZA SATRIA.pdf (263.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Mirza Satria
    Shulton Masyhud
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas ekperimen dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model konvensional) pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa. kelas IV dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan mendeskripsikan panca indera dengan fungsinya di SDN Padomasan 1 Jember. Penggunaan model pembelajaran jigsaw bertujuan agar guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan siswa tidak bosan dalam menerima pelajaran karena adanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, siswa sering merasa bosan terhadap model pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental research ) dengan subjek penelitian terdiri atas 26 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Padomasan 1 Jember. Adapun selisih rata-rata hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 30,77. Selisih rata-rata nilai kedua kelas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21.00 diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 6,261 > 2,009 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63651
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository