dc.description.abstract | Salah satu hal yang harus dimiliki oleh guru untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah
menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar dan mengembangkan kompetensi peserta didik. Dalam metode role
playing, siswa dapat berperan dan berperilaku seperti orang lain sesuai dengan skenario yang telah disusun oleh guru.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing
terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember yang
berjumlah 51 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa
berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 42,12 dan kelas kontrol sebesar 30,38 yang
kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh thitung= 3,919
dengan keefektifan relatif sebesar 38,62%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,919 >
2,010), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa
kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015. | en_US |