Show simple item record

dc.contributor.authorMARJONO,
dc.contributor.authorAgus Wijaya,
dc.contributor.authorNurul Umamah
dc.date.accessioned2015-09-28T01:56:33Z
dc.date.available2015-09-28T01:56:33Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63636
dc.description.abstractParadigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam proses pembelajaran . Faktanya penggunaan model pembelajaran belum maksimal hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik belum maksimal. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Murder. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X Sos SMAN 1 Maron. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berikir kritis secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 20,21% dengan kategori baik, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 10,67% dengan kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 10%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 18,17%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran murder dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X Sos SMAN 1 Maron Probolinggo.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN MURDERen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder Kelas X SOS SMA Negeri 1 Maron Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record