Pengaruh Model Pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi
View/ Open
Date
2015Author
HERTINANINGTYAS, Loviena
WALUYO, Joko
FIKRI, Kamalia
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Negeri 13 Jember melalui model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS). Bentuk penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Rancangan penelitian ini menggunakan subjek random, pre-test dan post-test desaign, dengan rancangan ini telah ada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, subjek dipilih secara random yang sebelumnya telah dilakukan Uji Homogenitas terlebih dulu.Siswa dikatakan aktif apabila rata-rata terhadap aktivitas belajar siswa berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran IPA Biologi dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Jember tahun ajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]