Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi
View/ Open
Date
2015Author
SARI, Lita Wahyuning
SATRIJONO, Hari
Sihono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III A SDN Patrang 01 Jember bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media gambar dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa melalui penerapan media gambar. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa hasil belajar menulis puisi siswa masih rendah sehingga diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah media gambar. Penggunaan media gambar dapat merangsang siswa untuk memberikan imajinasi dan membuat siswa untuk kreatif dalam menulis puisi. Media gambar berfungsi sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam menuangkan gagasannya sesuai dengan maksud dan isi gambar ke dalam sebuah puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media gambar adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menulis puisi siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember meningkat. Peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar menulis puisi prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus sebanyak 10 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 27,8%. Setelah diterapakan tindakan siklus I, Sebanyak 25 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 69,4%. Hasil tes belajar keterampilan menulis puisi setelah dilakukan siklus II, sebanyak 32 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 88,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]