Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Siswa Kelas V Sd
Abstract
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Macromedia flash merupakan media yang menyediakan fasilitas untuk menampung pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan pada peserta didik, dengan fasilitas animasi, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas : front picture, sound dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang menarik. Macromedia flash diharapkan dapat memberikan hasil pembelajaran yang maksimal kepada siswa. Oleh karena itu dipilih macromedia flash sebagai salah satu media tambahan pada kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajaran 2014/2015 . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VA dan VB SD Al Baitul Amien Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh t0 = 4,433 dengan keefektifan relatif sebesar 70,15%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel (4,433> 1,85), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajaran 2014/2015 diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]