Kecerdasan Visual-Spasial dan Logika Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kecerdasan visual spasial, tes kecerdasan logika matematika, dan pedoman wawancara. Karakteristik kecerdasan visual spasial adalah pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan menemukan pola. Seluruh karakteristik kecerdasan visual spasial muncul pada subjek penelitian, namun tiap siswa memenuhi jumlah karakteristik yang berbeda-beda. Empat siswa memenuhi keseluruhan karakteristik kecerdasan visual spasial,15 siswa memiliki 3 karakteristik, 9 siswa memenuhi 2 karakteristik , dan 8 siswa memenuhi 1 karakteristik kecerdasan visual spasial. Karakteristik kecerdasan logika matematika adalah klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran deduktif dan induktif, membentuk hipotesis, dan memeriksa kembali. Seluruh karakteristik kecerdasan logika matematika juga muncul pada subjek penelitian, namun tiap siswa memenuhi jumlah karakteristik yang berbeda-beda. Satu siswa memiliki keseluruhan karakteristik, 6 siswa memiliki 5 karakteristik, 11 siswa memiliki 4 karakteristik, 4 siswa memiliki 3 karakteristik, 3 siswa memiliki 2 karakteristik, 11 siswa memiliki 1 karakteristik kecerdasan logika matematika. Kecerdasan yang lebih dominan di kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember adalah kecerdasan visual spasial.
Collections
- SRA-Education [1352]