Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pengolahan Data Siswa Kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
View/ Open
Date
2015Author
Kurniya Ayu Winarsih
Titik Sugiarti
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang telah divalidasi kepada satu dosen Pendidikan Matematika dan dua guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Watson yaitu, data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), data hilang (ommited data/ od), kesimpulan hilang (omnited conclusion/oc), konflik level respon (response level conflict/ rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/ um), masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), dan selain ketujuh ketegori di atas (above other/ao). Persentase dari tiap kategori kesalahan adalah data tidak tepat sebesar 15,15%, prosedur tidak tepat sebesar 28,79%, data hilang sebesar 50%, kesimpulan hilang sebesar 20,20%, konflik level respon sebesar 16,67%, manipulasi tidak langsung sebesar 16.67%, masalah hirarkhi keterampilan sebesar 18,18%, dan selain ketujuh kategori di atas sebesar 15,15%.
Collections
- SRA-Education [1352]