Pelevelan Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VII F SMP Negeri 10 Jember dalam Memecahkan Masalah Matematika Sub Pokok
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelevelan Adversity Quotient (AQ) siswa kelas VII F SMP Negeri 10 Jember dalam memecahkan masalah matematika sub pokok bahasan Persegi Panjang dan Segitiga dengan menggunakan tahapan Wallas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VII-F yang berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar jawaban siswa setelah mengerjakan masalah terbuka dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Kategori Adversity Quotient (AQ) dibagi menjadi 3 kategori, yaitu climber, camper dan quitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi merupakan climber. Siswa berkemampuan matematika sedang merupakan camper dan siswa berkemampuan matematika rendah merupakan quitter.
Collections
- SRA-Education [1352]