dc.description.abstract | Setiap proses pembelajaran menuntut guru untuk kreatif dalam mengaktualisasikan kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Media video merupakan media yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar yang merupakan gambar bergerak. Media video diharapkan dapat menjadi media yang sangat membantu dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 01 dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sukowono 01. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh thitung=7,8, harga ini kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh ttabel=1,998. Diperoleh thitung>ttabel (7,8>1,998), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku di SD Negeri Sukowono 01 tahun ajaran 2014/2015 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku di SD Negeri Sukowono 01 tahun ajaran 2014/2015. | en_US |