dc.description.abstract | Peran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka
guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim belajar yang
mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu
perlu adanya upaya untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang variatif dan memperhatikan gaya belajar siswa yaitu
pendekatan VAK (visualization auditori kinesthetic). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh
yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar IPA kelas III di SD Negeri Puger Kulon 01 Jember.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra experimental dengan post test only control group design. Sampel penelitian
ditentukan melalui uji homogenitas dan teknik random terhadap populasi berdasarkan hasil belajar IPA pada semester ganjil.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Puger Kulon 01 dengan populasi yang terdiri dari tiga kelas dan dipilih
dua kelas secara random untuk ditentukan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan t hitung= 4,419, sedangkan nilai ttabel
pada taraf signifikan 5% adalah 1,667, sehingga thitung>ttabel yaitu 4,419 > 1,667. Selain itu uji ER menunjukkan bahwa
penerapan pendekatan VAK lebih efektif 18,99% dari pada pembelajaran ceramah dan penugasan. Berdasarkan analisis
data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar
IPA kelas III SD Negeri Puger Kulon 01 Jember | en_US |