• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    IMRON AZIZ.pdf (258.2Kb)
    Date
    2015
    Author
    Imron Aziz
    Suhartiningsih
    Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIB di SDN Ajung 03 Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman di SDN Ajung 03 Jember tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B dengan jumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajara TPS cukup efektif. Terbukti dalam pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2, siswa terlihat lebih memahami terhadap apa yang mereka baca dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 76,02(kriteria baik), mengalami peningkatan 7,5 pada siklus II menjadi 83,52 (kriteria sangat baik).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63607
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository