• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBUKAAN NEGARA JEPANG OLEH BANGSA BARAT

    Thumbnail
    View/Open
    Wardatul Munawwaroh.pdf (284.3Kb)
    Date
    2015
    Author
    Wardatul Munawwaroh
    Sri Handayani
    Sumardi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sumber pembelajaran sejarah dapat menggunakan bahan ajar yang didalamnya mengandung sejarah lokal. Sejarah lokal memiliki arti penting dalam sejarah nasional. Kajian sejarah nasional tidak akan berfungsi jika tidak didukung oleh sejarah lokal. Kumpulan sejarah lokal bukanlah sejarah nasional, melainkan sebagai pendukung dan penyempurna sejarah nasional yang ruang lingkup kajiannya lebih luas. Sejarah lokal dan sejarah nasional sangat penting untuk disampaikan kepada peserta didik melalui pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah; (1) materi sejarah dianggap sebuah cerita oleh peserta didik membuat peserta didik kurang berminat terhadap pembelajaran sejarah sehingga dibutuhkan bahan ajar untuk menarik minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (2) bahan ajar yang digunakan peserta didik sebagai sumber dan media pembelajaran yang bersifat lokal masih sangat sedikit karena kebanyakan bahan ajar yang digunakan bersifat nasional; (3) Minimnya pendanaan dan waktu yang lama dalam pembuatan bahan ajar, membuat pendidik merasa berat untuk membuat bahan ajar; (4) belum ada bahan ajar yang sesuai dengan keadaan sosio kultural peserta didik dan membangun karakter peserta didik sehingga kompetensi yang diharapkan belum dicapai oleh peserta didik. Pemecahan masalah dari beberapa permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang disesuaikan dengan keadaan sosio kultural peserta didik agar mampu memperoleh nilai-nilai karakter yang ada melalui kehidupan prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Tujuan penelitian adalah; Menghasilkan bahan ajar mata pelajaran sejarah di SMA melalui pengembangan bahan ajar kehidupan prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, pengembangan bahan ajar Kehidupan Prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember telah dilaksanakan mulai uji coba ahli, pengguna, dan hingga tahap uji coba Pembelajaran Sejarah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63595
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository