Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah Ningrum
dc.contributor.authorAT.Hendrawijaya
dc.contributor.authorDeditiani Tri Indrianti
dc.date.accessioned2015-09-25T07:22:03Z
dc.date.available2015-09-25T07:22:03Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63588
dc.description.abstractPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk menciptakan interaktif edukatif yang diarahkan pada perkembangan optimal seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini melalui berbagai pemberian rangsangan dari orang dewasa dan atau lingkungan sekitar. Dalam pembelajaran diharapkan anak dapat memiliki keseimbangan akademik, sosial emosional (termasuk kemampuan interpersonal dan kemampuan intrapersonal) dan aspek fisikyang mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, baik perkembangan agama dan moral, motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan seni dengan pemilihan dan penyusunan model dan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sarana belajar yang tersedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Hubungan Antara Model Pembelajaran Sentra dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 – 5 Tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian mengembangkan model-model pembelajaran khususnya model pembelajaran sentra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data menggunakan korelasi tata jenjang.Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,969 nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,544 untuk N=13 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,910. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Saran bagi lembaga Pos PAUD Catleya 62 hendaknya dapat menambah tenaga profesional dan media pemebelajaran sentra.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Sentraen_US
dc.subjectPerkembangan Kognitifen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD CATLEYA 62 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record