• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    FITRA RIZKI AZIZAH.pdf (286.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    Fitra Rizki Azizah
    Hobri
    Arika Indah K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 Jember berdasarkan tingkatan pada taksonomi SOLO pada sub pokok bahasan balok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII-H yang telah dikategorikan dalam tingkatan menurut taksonomi SOLO yaitu unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar jawaban tes pemecahan masalah siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tes pemecahan masalah, siswa yang mencapai tingkat unistruktural hanya mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkatan unistruktural yaitu menggunakan informasi yang tersedia dalam soal untuk mendapatkan solusi penyelesaian. Siswa yang mencapai tingkat multistruktural mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkatan unistruktural dan multistruktural yaitu menggunakan dua informasi atau lebih untuk mendapatkan solusi penyelesaian dan menentukan rumus implisit untuk menyelesaikan permasalahan. Siswa yang mencapai tingkat relasional mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkat unistruktural, multistruktural, dan relasional yaitu menentukan ekstra informasi dalam permasalahan yang dapat digunakan untuk menentukan penyelesaian akhir. Siswa yang mencapai tingkat abstrak yang diperluas dapat memenuhi indikator keempat tingkatan yaitu unistruktural, multistruktural, relasional dan abstrak yang diperluas yaitu menggunakan prinsip umum yang abstrak dari soal untuk mendapat informasi baru dan membangun hipotesis yang diturunkan dari informasi pada soal untuk menemukan penyelesaian akhir.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63584
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository