• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi

    Thumbnail
    View/Open
    FITA NATALIA.pdf (247.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Fita Natalia
    Iis Asyiah
    Sulifah Aprilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Inkuiri terbimbing adalah salah satu cara untuk belajar atau studi yang mencari solusi dari masalah dengan cara yang kritis, analitis, ilmiah dan menggunakan langkah-langkah tertentu menuju suatu kesimpulan yang meyakinkan karena didukung oleh data atau fakta. Dengan model ini, guru memiliki tujuan, yaitu bahwa siswa didorong untuk melakukan pekerjaan dan secara aktif mencari mereka sendiri dan belajar dengan kelompok. Mereka harus mengekspresikan pendapat mereka dan merumuskan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perbaikan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dipandu model pembelajaran inquiry dengan metode eksperimen mengungkapkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Rata-rata siswa ranah kognitif di kelas meningkat 15% sedangkan rata-rata siswa ranah psikomotor di kelas meningkat 4,7%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa meningkat 8,82%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri  dengan metode eksperimen dapat digunakan sebagai model yang tepat dalam proses belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63583
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository