dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna jika seorang guru mampu menciptakan bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk menemukan suatu konsep. Pendekatan Keterampilan proses merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam penyusunan konsep dengan mengembangkan berbagai keterampilan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experimental), dengan menggunakan desain non-equivalen pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 38 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai pre-test post-test untuk kelas eksperimen adalah 32,68. Selanjutnya di kelas kontrol, didapat bahwa selisih nilai pre-test post-test sebesar 21,00. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh t hitung = 3,484 dengan keefektifan relatif sebesar 43,52%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,484 > 2,029 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Jombang. | en_US |