• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Di SDN Karangrejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    FERDINA ARISTYA PUTRI.pdf (264.6Kb)
    Date
    2015
    Author
    PUTRI, Ferdina Aristya
    NURIMAN
    AGUSTININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Metode pembelajaran yang berlangsung di SDN Karangrejo 02 Jember belum bervariasi, misalnya tidak ada pembelajaran berkelompok dan jarang menggunakan metode eksperimen. Oleh karena itu dipilih pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) agar dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena materi yang diajarkan berkaitan dengan dunia nyata siswa dan siswa mengalami sendiri dalam memperoleh pengetahuannya melalui metode eksperimen, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Penelitian pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapan contextual teaching and learning (CTL) di SDN Karangrejo 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 61,65% dan pada siklus II sebesar 76,65% dengan peningkatan sebesar 15%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,63 dan pada siklus II sebesar 70,68 dengan peningkatan sebesar 1,05. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Karangrejo 02 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63579
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository