Show simple item record

dc.contributor.authorFaijatul Ma'rifah
dc.contributor.authorSusanto
dc.contributor.authorArika Indah Kristiana
dc.date.accessioned2015-09-23T01:27:46Z
dc.date.available2015-09-23T01:27:46Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63565
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil pengembangan paket tes kemampuan penalaran matematika berdasarkan soal model PISA konten quantity pada siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) tipe formative research yang dikembangkan oleh Tessmer (dalam Zulkardi, 2002). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas oleh validator, analisis kevalidan butir soal, uji daya beda, uji taraf kesukaran, dan uji reliabilitas paket tes. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, diperoleh paket tes dengan koefisien validitas sebesar 0,89 interpretasi validitasnya adalah sangat tinggi. Paket tes yang telah dinyatakan valid oleh validitor didesain berjumlah 10 butir, namun butir soal yang diujikan pada one-to-one dan field test berjumlah 5 butir. Hasil analiss uji coba one to one pada 2 siswa, didapatkan analisis keterbacaan soal yang baik, dan berdasarkan diskusi dengan 2 siswa yang mengikuti uji coba menyatakan mengerti dan memahami maksud dari soal, serta mempunyai persepsi sama dalam menanggapi soal tersebut, namun pada butir soal 1 dan butir 2 perlu adanya revisi. Pada uji coba field test, yaitu pada 34 orang siswa diperoleh 4 butir soal dengan interpretasi validitas tinggi, 1 butir soal dengan validitas cukup. Hasil analisis uji daya pembeda pada field test diperoleh 2 butir soal dengan daya pembeda cukup dan 3 butir soal dengan daya beda jelek. Hasil analisis uji tingkat kesukaran pada uji coba field test 100% soal dengan kategori sukar. Hasil analisis uji reliabilitas field test diperoleh interpretasi reliabilitas tinggi, dengan hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan paket tes kemampuan penalaran matematika berdasarkan soal model PISA konten quantity pada siswa kelas VIII SMP yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan penalaran matematika pada siswa SMP dan telah memenuhi persyaratan tes yang baik, yaitu memiliki validitas dan reliabilitas. .en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpaket tesen_US
dc.subjectpenalaran matematikaen_US
dc.subjectpengembanganen_US
dc.titlePengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Matematika Model PISA Konten Quantity Pada Siswa Kelas VIII SMPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record