Pengaruh Model Problem based Instruction Disertai Modul Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 14 Jember
View/ Open
Date
2015Author
Eva Yulis Irviyanti
Albertus Djoko Lesmono
Sudarti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model problem based instruction disertai modul terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa siswa kelas VIII di SMPN 14 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Hasil penelitian pertama berupa skor sikap ilmiah dari masing-masing indikator pada sikap ilmiah siswa dengan rata-rata skor sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yaitu obyektif 7,17, kritis 15,42, kreatif 19,33, terbuka 10,08 dan tidak mudah putus asa 9,47 dan rata-rata skor sikap ilmiah kelas kontrol yaitu obyektif 6,7, kritis 13,67, kreatif 16,86, terbuka 8,87 dan tidak mudah putus asa 9,04, sedangkan hasil uji independent t-sample sebesar 0,000. Hasil penelitian kedua berupa nilai post-test sebagai indikator hasil belajar. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 76,44 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 68,41, selanjutnya, hasil uji independent t-sample sebesar 0,000.
Collections
- SRA-Education [1352]