• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Ekosistem

    Thumbnail
    View/Open
    ERNAWATI.pdf (267.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    ERNAWATI
    MUCHTAR, Imam
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak Guru sebaiknya memilih pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih berperan aktif membangun suatu konsep menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Media audio visual merupakan alat peraga yang bersifat dapat didengar dan dapat dilihat yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran yang berfungsi memperjelas atau mempermudah dalam memahami bahasa yang sedang dipelajari sehingga dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan siswa . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 21,77467 dan kelas kontrol sebesar 11,1631 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh t-hitung= 4,588 dengan keefektifan relatif sebesar 64,4340%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel ( 4,588 >  2,00247), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63562
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository