Show simple item record

dc.contributor.authorEis Putri Wahyudi
dc.contributor.authorTitik Sugiarti
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2015-09-23T00:32:01Z
dc.date.available2015-09-23T00:32:01Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63554
dc.description.abstractDalam Kurikulum 2013 matematika terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya pada satu tema. Sehingga yang terjadi adalah konsep dari matematika itu sendiri kurang mendominasi. Dari hal tersebut maka guru harus berusaha seoptimal mungkin untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, matematika harus diajarkan dengan suasana menyenangkan dan kondusif. Pembelajaran kontekstual dapat membantu guru mengaitkan isi materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata siswa sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi Pendekatan CTL agar sesuai dengan konteks siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tujuan penelitian ini untuk menelaah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan CTL pokok bahasan sudut pada segitiga dan segiempat untuk kelas IV SD. Hasil pengembangan berupa RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectsuduten_US
dc.subjectpendekatan CTLen_US
dc.subjectperangkat pembelajaran.en_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas IV SDen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record