• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KERAJAAN LAMAJANG TIGANG JURU TAHUN 1294 M – 1316 M DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    DWIKI OLIVIA SILVI.pdf (282.8Kb)
    Date
    2014
    Author
    Dwiki Olivia Silvi
    Suranto
    Moh. Na'im
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Menunjang hal tersebut, diperlukan sumber pendukung pembelajaran, salah satunya dengan perlunya pengkajian sejarah lokal. Pengkajian sejarah lokal menjadi bahan ajar atau bahan pebelajaran dilakukan pada materi kerajaan-kerajaan Hindu-Budhha di Indonesia, salah satunya dengan mengkaji mengenai sejarah Kerajaan Lamajang Tigang Juru tahun 1294 M – 1316 M. Kerajaan Lamajang Tigang Juru didirikan oleh Arya Wiraraja pada tahun 1294 dan mengalami keruntuhan pada tahun 1316, setelah diserang oleh Jayanegara dari Kerajaan Majapahit. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar sejarah lokal bagi peserta didik kela X SMA dengan materi Sejarah Kerajaan Lamajang Tigang Juru. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: (1) Tahap Analisis (Analyze), (2) tahap Desain (Design), (3) tahap Mengembangkan (Development), (4) tahap Implementasi (Implementation), dan (5) tahap Evaluasi (Evaluation). Produk yang telah dihasilkan berdasarkan model desain pembelajaran ADDIE menghasilkan draft bahan ajar yang kemudian di uji cobakan. Hasil uji coba bahan ajar sejarah Kerajaan Lamajang Tigang Juru pada ahli media pembelajaran sebesar sebesar 70%, uji coba ahli materi atau content pembelajaran memperoleh penilaian persentase sebesar 45% dan perlu direvisi, uji coba ahli bahasa sebesar 84% dan tidak perlu direvisi, uji coba lapangan dengan responden pendidik memperoleh penilaian persentase sebesar 79% dan tidak perlu direvisi, serta uji coba lapangan dengan responden peserta didik sebesar 76% dan tidak perlu direvisi. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Pengembangan bahan ajar sejarah Kerajaan Lamajang Tigang Juru tahun 1294 M – 1316 M dalam Pembelajaran Sejarah di SMA, dapat digunakan sebagai bahan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63548
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository