• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF

    Thumbnail
    View/Open
    DWI PURNAMA SARI.pdf (258.5Kb)
    Date
    2015
    Author
    Dwi Purnama Sari
    Suhartiningsih
    Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak Salah satu persoalan yang ditemukan pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember adalah rendahnya keterampilan menulis siswa khususnya materi menulis paragraf. Hal tersebut terjadi karena siswa sulit mengemukakan gagasan atau ide ke dalam sebuah tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan peningkatan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember setelah menggunakan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember setelah menggunakan media puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SDN Grenden 02 Puger Jember. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan media puzzle hasil belajar keterampilan menulis paragraf siswa mengalami peningkatan. Tahap prasiklus jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 46,8%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 65,6%. Pada tahap siklus II, ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,3%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63546
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository