MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF
Abstract
Abstrak
Salah satu persoalan yang ditemukan pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember adalah rendahnya keterampilan menulis siswa khususnya materi menulis paragraf. Hal tersebut terjadi karena siswa sulit mengemukakan gagasan atau ide ke dalam sebuah tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan peningkatan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember setelah menggunakan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember setelah menggunakan media puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SDN Grenden 02 Puger Jember. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan media puzzle hasil belajar keterampilan menulis paragraf siswa mengalami peningkatan. Tahap prasiklus jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 46,8%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 65,6%. Pada tahap siklus II, ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,3%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]