• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    DWI NUR AINI.pdf (267.2Kb)
    Date
    2015
    Author
    Dwi Nur Aini
    Yayuk Mardiati
    Chumi Zahroul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar yang masih tergolong kurang pada kelas IV B di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di MIMA Hidayatul Mubtai'in Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada pra siklus yaitu dari 28.8 (kategori kurang aktif) pada siklus I menjadi 63.2 (kategori aktif). Dari siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 63.2 (kategori aktif ) pada Siklus II menjadi 73.6 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu dari 57.28 (kategori kurang) menjadi 74.56 (baik). Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sikus I yaitu dari 74.56 (kategori baik) menjadi 80.48 (kategori sangat baik). .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63544
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository