Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Tahun Ajaran 2014/2015 pada materi persamaan garis lurus. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, observasi , angket dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dengan jumlah 36 siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah pada model problem based learning. Kemampuan siswa untuk setiap indikator kemampuan penalaran matematis mengalami peningkatan. Dari hasil tes Persentase skor total aspek kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan dari 62,15% pada siklus I menjadi 74,58% pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]