• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DEA SURESNA PUSPITA.pdf (301.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    Dea Suresna Puspita
    Hari Satrijono
    Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain only post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas V di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah populasi 76 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berbicara dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes unjuk kerja  keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil t hitung = 3.534 > t tabel (α = 0,05, 74) = 1,993 dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab pada kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan perhitungan uji efektivitas relatif (ER) menyatakan bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Snowball Throwing lebih efektif 9.268% dibandingkan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63531
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository