Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain only post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas V di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah populasi 76 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berbicara dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes unjuk kerja keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil t hitung = 3.534 > t tabel (α = 0,05, 74) = 1,993 dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab pada kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan perhitungan uji efektivitas relatif (ER) menyatakan bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif 9.268% dibandingkan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
Collections
- SRA-Education [1352]