Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi Melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA Biologi
Date
2015Author
PRAKOSO, Brilian Akbar Kukuh , Suratno, APRILYA, Sulihfah
PRAKOSO, Brilian Akbar Kukuh
Suratno
APRILYA, Sulihfah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIIC di SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar IPA biologi siswa menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang dilengkapi media gambar pada materi pokok organisasi kehidupan kelas VIIC di SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Metode penelitian menggunakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil implementasi dari siklus I, keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat 57,6% dari 7,6% menjadi 65,3% dan siklus II meningkat 19,2% dari 65,3% menjadi 84,6%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 9,7% dari 62,8% menjadi 72,5% dan siklus II meningkat 8,1% dari 72,5% menjadi 80,6%. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi penelitian tindakan kelas telah terlaksana dengan baik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]