dc.description.abstract | Abstrak
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung jalannya proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan, yang dikenal sebagai model 4D yang dikembangkan dengan tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media simulasi virtual, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes pemahaman konsep. Semua produk telah lolos uji kevalidan dengan kriteria valid. Media simulasi virtual dirancang menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional . LKS dirancang sebagai pendukung dalam penggunaan media simulasi virtual. RPP dirancang berdasarkan kurikulum 2013. Tes pemahaman konsep dirancang berdasarkan indikator-indikator pemahaman konsep. Perangkat ini dapat membantu siswa untuk memahami suatu konsep materi secara mandiri. Perangat pembelajaran ini memuat konsep materi translasi dan refleksi untuk kelas VII SMP. Pada pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Pada penelitian ini guru berperan sebagai mediator dan fasilitator selama proses belajar mengajar berlangsung serta siswa diharapkan memiliki tingkat pemahaman konsep tinggi dari pengalaman belajar berbantuan media simulasi virtual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Jember. Tes pemahaman konsep terdiri dari 6 soal uraian, terdiri dari 3 soal untuk translasi dan 3 soal yang lain untuk refleksi. Hasil tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa 3 siswa memiliki pemahaman konsep sangat tinggi, 13 siswa tinggi, 13 siswa sedang dan 5 siswa rendah. | en_US |