Show simple item record

dc.contributor.authorJAN'NAH, Arda Mareta Nur
dc.contributor.authorMASYHUD, Sulton
dc.date.accessioned2015-09-17T03:02:54Z
dc.date.available2015-09-17T03:02:54Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63502
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Patrang 01 Jember menggunakan kurikulum KTSP dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas V-A dan V-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai pre-test post-test untuk kelas eksperimen adalah 15,06. Selanjutnya di kelas kontrol, didapat bahwa selisih nilai pre-test post-test sebesar 9,66. Pada kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 3.195 > 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPENDEKATAN SCIENTIFICen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENELITIAN EKSPERIMENen_US
dc.subjectKURIKULUM KTSPen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record