• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen(TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa mata pelajaran Ips

    Thumbnail
    View/Open
    AINUL YULIA MAWADDAH.pdf (258.5Kb)
    Date
    2015
    Author
    MAWADDAH, Ainul Yulia
    RAHAYU
    KHUTOBAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini berdasarkan observasi awal, wawancara dan dokumentasi, hasil motivasi belajar yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang pada pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif . Penelitian dilakukan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 47,1 tergolong kriteria cukup pada pra siklus. Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 56,1 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 86,6 tergolong kriteria sangat tinggi. Demikian juga skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 59,3 tergolong kriteria kurang pada pra siklus. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 60 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 81,1 tergolong kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63483
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository