Analisis Soal Geometri pada Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele
View/ Open
Date
2014Author
Muhammad Syahroni, Syahroni
Dinawati Trapsilasiwi, Trapsilasiwi
Arika Indah Kristiana, Kristiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada tahun ajaran 2013/2014, pemerintah meluncurkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Berdasarkan kurikulum 2013 ini geometri pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapatkan porsi yang besar dari keseluruhan isi kurikulum jika dibandingkan dengan beberapa materi yang lain seperti aljabar, peluang ataupun statistik. Analisis terhadap soal terhadap materi geometri diperlukan untuk mengkaji kesesuaian antara tingkat berpikir siswa menurut teori Van Hiele dibidang geometri dengan soal-soal yang dimuat dalam buku matematika kelas VII kurikulum 2013 materi geometri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan 3,25% berada pada tingkat visualisasi, 63,26% berada pada tingkat analisis, 25,11% berada pada tingkat deduksi informal, dan 8,37% berada pada tingkat deduksi. Dari hasil tersebut jika ditinjau dari taraf perkembangan berpikir siswa SMP kelas VII yang secara teori Van Hiele berada pada tingkat visualisasi hingga deduksi informal, maka persentase pertanyaan geometri pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 ini, kurang sesuai jika diberikan pada siswa SMP kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkat soal yang disajikan pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 tidak sesuai dengan tingkat berpikir siswa sehingga secara psikologis siswa merasa kesulitan dalam belajar.
Collections
- SRA-Education [1352]