• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Soal Geometri pada Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMMAD SYAHRONI.pdf (223.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Muhammad Syahroni, Syahroni
    Dinawati Trapsilasiwi, Trapsilasiwi
    Arika Indah Kristiana, Kristiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada tahun ajaran 2013/2014, pemerintah meluncurkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Berdasarkan kurikulum 2013 ini geometri pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapatkan  porsi yang besar dari keseluruhan isi kurikulum jika dibandingkan dengan beberapa materi yang lain seperti aljabar, peluang ataupun statistik. Analisis terhadap soal terhadap materi geometri diperlukan untuk mengkaji kesesuaian antara tingkat berpikir siswa menurut teori Van Hiele dibidang geometri dengan soal-soal yang dimuat dalam buku matematika kelas VII kurikulum 2013 materi geometri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan 3,25% berada pada tingkat visualisasi, 63,26% berada pada tingkat analisis, 25,11% berada pada tingkat deduksi informal, dan 8,37% berada pada tingkat deduksi. Dari hasil tersebut jika ditinjau dari taraf perkembangan berpikir siswa SMP kelas VII yang secara teori Van Hiele berada pada tingkat visualisasi hingga deduksi informal, maka persentase pertanyaan geometri pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 ini, kurang sesuai jika diberikan pada siswa SMP kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkat soal  yang disajikan pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 tidak sesuai dengan tingkat berpikir siswa sehingga secara psikologis siswa merasa kesulitan dalam belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63462
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository