dc.description.abstract | Proses pembelajaran di SMKN 1 Jember sudah menggunakan media berbasis TI berupa media powerpoint, tetapi media tersebut belum menarik, belum efisien dan belum efektif. Media tersebut perlu dikembangkan menjadi media yang menarik, efisien, dan efektif yaitu media e-learning berbasis blog pada kompetensi dasar membukukan data mutasi utang ke kartu utang untuk siswa kelas XI AK 1 di SMKN 1 Jember. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D (define, design, dan develop). Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji tingkat daya tarik, uji tingkat efisiensi, serta uji tingkat efektifitas media. Pada ujicoba lebih luas diperoleh hasil skoring respon siswa terhadap media sebesar 89% (sangat menarik); waktu yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran semakin berkurang dan siswa paham, yang dibuktikan rerata nilai siswa yang meningkat dari 73,19 menjadi 79,97; serta hasil uji beda thitung | > ttabel | 3,659 | > 2,030 atau nilai signifikansi = 0,001 < α = 0,050 yang menunjukkan bahwa media ini efektif. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa media e-learning berbasis blog menarik, efisien, dan efektif. Produk final media e-learning berbasis blog tersebut dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas kelas XI AK 1 sebagai alat bantu dalam mempelajari kompetensi dasar membukukan data mutasi utang ke kartu utang dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya. | en_US |