• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TOKOH WERKUDARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

    Thumbnail
    View/Open
    MOHAMMAD IKRAM NUGRAHA.pdf (275.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    Mohammad Ikram Nugraha
    Sri Handayani
    Sumarno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Wayang merupakan salah satu peninggalan budaya bangsa Indonesia yang dapat dipergunakan sebagai media pendidikan karena isinya atau cerita yang dipagelarkan, disajikan memberikan teladan dan ajaran tentang hakekat kehadiran manusia di dunia. Tokoh pewayangan baik dalam kisah Ramayana maupun Mahabaratha bisa dikatakan sebagai lambang dari berbagai perwatakan manusia di masyarakat. Dalam kisah Mahabarata, perang antara kebaikan dan keburukan dilambangkan melalui pertentangan antara Kurawa dan Pandawa. Pandawa merupakan titisan para Dewa yang turun ke bumi dan memiliki sifat yang berbeda-beda. Bima atau Werkudara memiliki watak kesatria, peduli dengan keluarga, gemar menolong, jujur, berbakti kepada orang tua dan gurunya, setia, memberantas angkara murka dan adil. Karakter-karakter pewayangan dapat juga di implementasikan ke dalam dunia pendidikan, 18 karakter yang terdapat di dunia pendidikan salah satunya merupakan sifat atau karakter yang di miliki Bima/werkudara yaitu sifat jujur, adil, cinta damai, suka menolong, membela kebenaran, membela yang lemah, dan tanggung jawab. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan ahlak mulia peserta didik secara utuh. Pembelajaran sejarah bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau serta menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap diri sendiri, masyarakat, dan proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63457
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository