MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIDATO
Abstract
Keterampilan berpidato sangat penting dikuasai terutama bagi siswa di lingkungan pesantren, peran mereka sesungguhnya sebagai agen dakwah di masyarakat. Oleh karena itu, keterampilan berpidato siswa kelas IX perlu ditingkatkan di MTs AL-Falah. Keterampilan berpidato hanya fokus pada aspek kebahasaan (tuntutan kurikulum). Metode yang dinilai mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Metode STRAIGHT. Metode STRAIGHT menekankan pada simakan siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan bantuan multimedia, serta latihan pengulangan secara intensif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan PTK ini untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelas melalui suatu tindakan (treatmen) tertentu dengan suatu siklus. Perbaikan yang dimaksud adalah keterampilan berpidato siswa MTs Al-Falah kelas IX melalui treatmen atau penerapan metode STRAIGHT sampai pada Kriteria Ketuntasan Minimum pelajaran bahasa Indonesia yaitu 62. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus 1 rata-rata peningkatan ketuntasan siswa menjadi 64%, dan siklus 2 menjadi 67%. Baik jumlah ketuntasan siswa, maupun masing-masing poin pada aspek penilaian pidato.
Collections
- SRA-Education [1352]