Show simple item record

dc.contributor.authorMochamad Yurfan Jauhari, Jauhari
dc.contributor.authorHari Satrijono
dc.contributor.authorNanik Yuliati, Yuliati
dc.date.accessioned2015-09-15T00:55:46Z
dc.date.available2015-09-15T00:55:46Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63451
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang dengan tujuan secara umum dalam menerapkan metode PQ4R agar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jambekumbu 01 Lumajang. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca pemahaman siswa termasuk dalam kriteria cukup baik. Alternatif yang cukup efektif adalah melalui metode PQ4R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode PQ4R cukup efektif. Terbukti dalam pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2. Siswa terlihat lebih kritis dan cepat tanggap terhadap apa yang mereka baca. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 70  (kriteria baik), mengalami peningkatan 11,67 pada siklus II menjadi 81,67 (kriteria sangat baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKemampuan membaca pemahamanen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasen_US
dc.subjectMetode PQ4Ren_US
dc.titlePenerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang Tahun Ajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record