dc.description.abstract | Pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) merupakan model pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif berpartisipasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran untuk lebih menyenangkan, maka untuk membuat pembelajaran model TTW lebih menyenangkan perlu adanya penggunaan media pembelajaran berupa permainan monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pajarakan pada siswa kelas VII semseter genap Tahun Pelajaran 2013/2014 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peningkatan pada aspek Attention sebesar 12,29%; aspek Relevance sebesar 11,31%; aspek Confidence sebesar 9,33%; dan untuk aspek Satisfaction sebesar 11,2%. Pada aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 13,18% , sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 38,89%. Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar poin 7,12. Jadi dapat disimpulkan motivasi dan hasil belajar meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think, Talk, and Write) dengan permainan monopoli pada siswa kelas VII-F di SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo. | en_US |