Show simple item record

dc.contributor.authorDAFIK
dc.contributor.authorSETIAWANI, Susi
dc.contributor.authorMAHARANI, Maya Dewi
dc.date.accessioned2015-09-14T04:10:00Z
dc.date.available2015-09-14T04:10:00Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63435
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapan pembelajaran Numbered Head Together dengan Whole Brain Teaching. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus pertama materi pembelajaran prisma dan limas luas permukaan. Sedangkan pada siklus kedua adalah volume prisma dan limas. Metode Whole Brain Teaching pada penelitian ini, ada enam gerakan (gesture) baru yakni prisma, limas, luas alas, keliling alas, bidang tegak, dan sepertiga. Dan empat gerakan lainnya adalah pengembangan dari peneliti sebelumnya yaitu kali, dua, tinggi, dan tambah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa memperoleh presentase 74,39% pada siklus I dan 86.67% pada siklus kedua, aktivitas kegiatan guru menunjukkan presentase 86, 89% di siklus pertama dan 93,85% pada siklus kedua, dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa presentase 79 , 9% di siklus pertama dan 88,7% pada siklus kedua. Bedasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Numbered Head Together dengan Whole Brain Teaching mampu meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectNumbered Head Together dengan Whole Brain Teachingen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together(NHT) dengan Whole Brain Teaching(WBT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record