Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Tiga Angka Pada Siswa Kelas III SDN Baratan 01 Tahun Pelajaran 2013/ 2014
View/ Open
Date
2014Author
Maita Intan Puspitasari, Puspitasari,
Titik Sugiarti, Sugiarti
Nanik Yuliati, Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan tiga angka menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah para siswa kelas III SDN Baratan 01 Jember, pada tahun akademik 2013/ 2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis dari data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op pokok bahasan operasi hitung bilangan tiga angka telah meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 32,42 siswa yang tuntas dengan nilai ≥60 sebanyak 17 siswa (70,83%) dan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa (29,17%). pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 41,67 siswa tuntas sejumlah 20 siswa 83,33% secara klasikal atau mencapai ketuntasan yang diharapkan.
Collections
- SRA-Education [1352]