dc.description.abstract | Penelitian ini diadakan di SDN Karangrejo 01 Jember, metode penetuan
lokasi penelitian dengan puposive sampling area. Penentuan subyek penelitian
dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah
43 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 21 orang dan perempuan 22 orang dan guru
kelas V. Penelitian ini menggunakan desain yaitu penelitian tindakan kelas (PTK )
model skema Kemmis dan McTaggart dengan tahap penelitian meliputi perencanaan
(planing), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection).
Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi,
wawancara, dan tes. . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
analisis kualitatif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan
penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN
Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dan bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan
penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN
Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa
mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II. Perentase aktivitas siswa pada siklus
I sebesar 55,82% dan siklus II sebesar 77,36%. Selisih antara siklus I dan siklus II
sebesar 21,54%. Hasil belajar IPS siswa mencapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65
dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I 51,17% siklus II sebesar 79,07%.
Selisih ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 27,09%.
Kesimpulan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangrejo 01
Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dengan penggunaan metode bermain peran
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dan hasil belajar IPS siswa kelas V
SDN Karangrejo 01 Jember semester genap Tahun pelajaran 2010/2011 dengan
penggunaan metode bermain peran pada pokok bahsan perjuangan melawan
penjajahan mencapai ketuntasan KKM ≥ 65. | en_US |