• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KARANGREJO 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    M. Wazir Al-Jihad.pdf (330.1Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    M.WAZIR AL-JIHAD
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini diadakan di SDN Karangrejo 01 Jember, metode penetuan lokasi penelitian dengan puposive sampling area. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 21 orang dan perempuan 22 orang dan guru kelas V. Penelitian ini menggunakan desain yaitu penelitian tindakan kelas (PTK ) model skema Kemmis dan McTaggart dengan tahap penelitian meliputi perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II. Perentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55,82% dan siklus II sebesar 77,36%. Selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 21,54%. Hasil belajar IPS siswa mencapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I 51,17% siklus II sebesar 79,07%. Selisih ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 27,09%. Kesimpulan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dengan penggunaan metode bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember semester genap Tahun pelajaran 2010/2011 dengan penggunaan metode bermain peran pada pokok bahsan perjuangan melawan penjajahan mencapai ketuntasan KKM ≥ 65.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6340
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository