MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF
View/ Open
Date
2014Author
Luxin Ardita Meris, Meris
Suhartiningsih
Misno A. Latif, Latif
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan
menulis narasi sugestif siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dikarenakan
kemampuan menulis narasi sugestif siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena siswa kurang antusias
melakukan aktivitas menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri
atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian ini meggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Pelaksanaan penelitian melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu
kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak
siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada presentase ketuntasan
belajar siklus I sebesar 69,4% dan presentase ketuntasan belajar siklus II sebesar 89% sehingga mengalami peningkatan
19,6%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,2 dan pada siklus II sebesar 73,6 sehingga mengalami
peningkatan sebesar 6,4.
Collections
- SRA-Education [1352]