dc.description.abstract | Kesulitan belajar mata pelajaran Matematika disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal baik dari dalam diri siswa (internal) dari luar diri siswa (eksternal). Faktor internal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di antaranya karena faktor kesehatan, ketidak sempurnaan fisik, intelegensi, minat, motivasi, konsentrasi, dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternal di antaranya karena pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran Matematika siswa MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menyatakan bahwa: faktor biologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 37 siswa atau 47 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor psikologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 10 siswa atau 13 % dari sampel, 49 siswa atau 63 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan sekolah diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 % dari sampel, 47 siswa atau 60 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan keluarga diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 48 siswa atau 62 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan masyarakat diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 %, 39 siswa atau 50 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel. | en_US |