PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH
View/
Date
2014Author
Iin Qomariyah, Qomariyah
Sri Wahyuni, Wahyuni
Retna Ngesti, Ngesti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala
Sekolah di MAN 2 Jember, untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari gaya kepemimpinan
dan pemberian motivasi Kepala Sekolah terhadap semangat kerja guru di MAN 2 Jember, dan untuk
mengetahui pengaruh yang dominan dari variabel gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala
sekolah  terhadap  peningkatan  semangat  kerja  guru  di  MAN  2  Jember.  Metode  penentuan  lokasi
penelitian  menggunakan  metode  purposive  area yaitu  pada  MAN  2  Jember.  Penentuan  jumlah
responden  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  populasi,  yaitu  sebanyak  58  guru.  Metode
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: wawancara, angket, observasi, dan dokumen.
Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan
analisis analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah MAN 2 Jember adalah gaya kepemimpinan
Demokratis dan ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala
sekolah terhadap semangat kerja guru di MAN 2 Jember yaitu sebesar 81,4%. Semakin demokratis
gaya kepemimpinan yang diterapkan dan semakin baik motivasi yang diberikan, maka semakin tinggi
semangat kerja guru. Untuk pengaruh yang dominan terhadap semangat kerja guru MAN 2 Jember
terdapat pada variabel gaya kepemimpinan.
Collections
- SRA-Education [1352]
